• 1
  • 2
  • 3

Berita

Mahasiswa Unesa Curang karena Ada Kesempatan

kampus.okezone.com – Kasus dicoretnya 151 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dari daftar wisuda akibat memalsukan nilai TOEFL tidak dibenarkan. Namun, hal itu terjadi karena ada kesempatan yang disediakan.
Menurut psikolog Kasandra Putranto, tindakan mahasiswa tersebut tidak dapat dibenarkan. “Karakter mental mahasiswa untuk menempuh jalur instant, bahkan melalui tindakan tidak jujur dalam meraih sesuatu, tidak dapat dibenarkan,” ujarnya ketika dihubungi okezone, Selasa (19/7/2011).

Kasandra menilai, kesalahan yang dilakukan ratusan mahasiswa tersebut juga diakibatkan adanya kesempatan yang disediakan, dalam hal ini penyedia hasil TOEFL aspal alias asli tapi palsu. “Tidak mungkin mereka menggunakan jasa tersebut jika tidak ada yang menyediakan. Karena ada kesempatan, mereka memanfaatkan kesempatan tersebut,” katanya wanita kelahiran 17 Februari 1968 ini.

Psikolog jebolan Universitas Indonesia (UI) tahun 1991 ini merasa ragu atas tes TOEFL yang diselenggarakan oleh pihak Unesa. Menurutnya, tes TOEFL harus diselenggarakan oleh lembaga TOEFL resmi.

“Setahu saya, tes TOEFL asli, hasilnya tidak bisa dipalsukan. Maka, saya jadi bertanya-tanya apakah tes TOEFL yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Unesa adalah benar?” tutur Kasandra.

Kasandra menegaskan, sistem penyelenggaraan tes TOEFL di Unesa harus diteliti kembali, sesuai dengan standar tes TOEFL resmi. “Dilihat lagi prosedurnya, jumlah dan materi soal, durasi pengerjaan soal, bahkan biaya tes tersebut apakah sesuai dengan standar tes TOEFL pada lembaga resmi. Jika tidak sesuai, jangan bilang tes TOEFL, tapi tes persiapan TOEFL,” ujarnya menjelaskan.

Ibu dari tiga orang anak ini berpesan agar para mahasiswa menyadari kemampuan dirinya sendiri dengan tidak menipu diri sendiri. “Untuk apa menipu diri sendiri dangan memalsukan nilai TOEFL? Kalau memang kemampuannya kurang dari angka 500, ya tidak usah dipaksakan. Nantinya malah akan merugikan diri sendiri karena tidak mampu bersaing dengan mereka yang memang mencapai nilai tersebut,” katanya menambahkan.


Komentar